Selasa, 20 Maret 2018

Tata surya [ Pengertian ,Gerakan Bumi dan Bulan ,dan Gerhana ]


A.Tata Surya
Tata surya merupakan sekumpulan bintang, planet, sateht, dan benda langit Iainnya yang membentuk suatu sistem peredaran bintang sebagai pusat tata suryanya. Bumi berada dalam sistem tata surya dengan Matahari sebagai pusatnya.
Planet yang mengelilingi Matahari dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
a.      Planet dalam:4 planet yang terletak
di sebelah dalam sabuk asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
b.     Planet luar: 4 planet yang terletak di sebelah
luar sabuk asteroid, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

l. Merkurius: Planet terkecil dan terdekat dari Matahari

2. Venus : Sering disebutsebagaibintang kejora, orbit dari timur ke barat (bintang timur)

3. Bumi : Planet biru,satu-satunya planet tempat kehidupan

4. Mars : Planet merah

5. Yupiter : Planet terbesar dalam tata surya

6. Saturnus : Planet bercincin

7. Uranus : Planet yang diselubungi awan tebal

8 .Neptunus :Planet kembararan uranus dan terjauh dari matahari
      Benda langit lainnya adalah sebagai berikut.

1. Komet: benda langit berekor yang terbentuk dari kumpulan debu, es, dan gas yang         membeku, mengelilingi Matahari dengan orbit lonjong (ekor menjauhi Matahari). 
2. Meteoroid: partikel-partikel kecil di antara planet-planet, berkecepatan tinggi, dan          tidak memiliki lintasan
3. Meteor: meteoroid yang memasuki atmosfer Bumi dan berpijar karena bergesekan         dengan atmosfer. 
4. Meteorit: batu meteoroid yang jatuh ke permukaan Bumi. 
5. Asteroid: benda langit yang berukuran kecil dan mengelilingi Matahari pada lintasan 
    tertentu. Asteroid banyak terdapat di antara Mars dan Yupiter.

 B.Gerakan Bumi dan Bulan
Gerakan
Keterangan
Kala
Akibat
Rotasi
Perputaran bumi pada porosnya
24 jam
Terjadinya siang dan malam,perbedaan waktu berbagai belahanbumu,dan gerak semu harian matahari
Revolusi bumi
Perputaran bumi mengelilingi matahari
1 tahun = 365 ¼ hari
Pergantian musim, perbedaan Iama
§ang dan malam, dan terlihatnya rasi bintang yang berbeda

Rotasi bulan
Perputaran bulan pada porosnya
29 ½ hari
Permukaan Bulan yang terlihat dari Bumi selalu tampak sama

Revolusi bulan
Perputaran bulan mengelilingi bumi
29 ½ hari
Perubahan bentuk bulan yang tampak dari bumi ,terjadi gerhana matahari

 C. Gerhana
Image result for gambar terjadi gerhana matahari bulan
Gerhana Matahari
Gerhana Matahari terjadi pada saat Matahari-Bulan-Bumi terletak pada satu garis Iurus. Cahaya Matahari tidak sampal ke Bumi karena terhalang Bulan. Gerhana Matahari terjadi di siang hari.
Berikut adalah jenis- jenis gerhana matahari  yang tebagi menjadi empat:
  1. Gerhana matahari total
Gerhana matahari tital ini terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan.  Pada saat itu piringan bulan terlihat sama besar atau bahkan lebih besar dari piringan matahari . ukuran piringan matahari dan juga piringan bulan sendiri berubah- ubah. Hal ini tergantung pada masing- masing jarak bumi dengan bulan dan juga jarak bumi dengan matahari.
  1. Gerhana matahari sebagian
Gerhana matahari sebagian ini terjadi apabila piringan bulan di saat puncak gerhana hanya menutup sebagian dari piringan matahari saja. Pada fase gerhana ini selalu ada bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan.
  1. Gerhana matahari cicin
Gerhana matahari cincin ialah gerhana matahari yang terjadi apabila piringan bulan pada saat puncak gerhana hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi apabila ukuran piringan bulan lebih kecil daripada piringan matahari. Sehingga ketika pringan bulan berda di depan piringan matahari, tidak semua piringan matahari akan tertutup oleh piringan dari bulan. Dan bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan ini berada di sekeliling piringan bulan sehingga terlihat menyerupai cincin yang bercahaya. Itu sebabnya gerhana ini dinamakan gerhana matahari cincin.
  1. Gerhana matahari hibrida
Gerhana matahari hibrida adalah gerhana matahari yang bergesar antara gerhana matahari total dan juga gerhana matahari cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebgai gerhana matahari total, sementara pada titik- titik lain muncul sebagai gerhana matahari cincin. Gerhana hibrida ini relatif jarang terjadi.
Itulah beberapa jenis gerhana matahari yang kita temui di  lapisan atmosfer bumi. Perbedaan gerhana- gerhana tersebut terjadi karena fase dari gerhana matahari sendiri maupun karena jarak dari bumi dan matahari serta bumi ke bulan.
Gerhana Bulan
Gerhana Bulan terjadi saat Matahari-BumiBulan terletak pada satu garis lurus. Cahaya Matahari tidak sampai ke Bulan karena terhalang Bumi. Gerhana Bulan terjadi saat Bulan purnama. 
Berikut adalah jenis- jenis gerhana bulan yang tebagi menjadi 3 :
    1. Gerhana bulan total
Gerhana bulan total merupakan gerhana bulan dimana semua bagian dari bullan akan tertutup oleh bayangan bumi, sehingga bulan akan tampak tertutup semua. Gerhana bulan total ini dapat dibedakan lagi menjadi dua macam yakni gerhana bulan total dan gerhana bulan total +.
  • Gerhana bulan total adalah gerhana yang terjadi pada saat bulan berada tepat pada daerah NTT, dan pada saat yang demikian warna bulan menjadi merah namun warna merah tersebut tidaklah rata.
  • Gerhana bulan total + adalah gerhana yang terjadi pada saat bulan melalui titik pusat daerah umbra, dan pada saat ini warna bulan menjadi merah merata. Pada saat seperti ini bulan akan tampak menakjubkan sekaligus mengerikan jika dipandang dari bumi.
Saat terjadi gerhana bulan total ini maka bulan akan terlihat berwarna kemerahan. Hal ini berhubungan dengan lapisan atmosfer bumi. Di suatu daerah tertentu atau suatu negara tertentu, gerhana bulan total akan terlihat lebih merah daripada di daerah lain. Hal ini menandakan bahwa jika bulan berwarna lebih merah, maka suatu tempat tersebut memiliki tingkat polusi yang semakin kuat.
2. Gerhana bulan sebagian
Pada gerhana sebagian ini, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lainnya berada di daerah atau area penumbra. Sehingga masih ada sebgaian dari sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan dan dapat dilihat manusia dari bumi. Inilah yang disebut sebagai gerhana bulan sebagian.
3. Gerhana bulan penumbra
Jenis gerhana bulan yang selanjutny adalah gerhana bulan penumbra. Gerhana bulan penumbra berarti seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Dengan demikian bulan masih dapat terlihat oleh manusia yang berada di bumi meskipun secara samar- samar dan dengan warna yang suram.
Itulah beberapa jenis dari gerhana bulan. Bila kita menyimak pengertian dari masing- maing gerhana bulan, maka kita akan menemukan beberapa istilah yang khas. Istilah- istilah tersebut antara lain adalah umbra dan juga penumbra. Yang dimaksud dengan umbra sendiri adalah daerah diantara bumi dan juga bulan yang tidak terkena cahaya matahari atau yang gelap. Sedangkan penumbra merupakan daerah diantara bumi dan juga bulan namun yang terkena sinar matahari atau daerah di antara bumi dan matahari yang masih tersinar oleh sinar matahari.

Semoga Bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar